Tujuan Natal

Menarik bahwa Yesus membuat pernyataan yang signifikan tentang kelahiran-Nya sebelum kematian-Nya. Pada saat persidangan, Pilatus bertanya tentang identitas-Nya. Yesus menjawab, “Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran” (Yoh. 18:37b, AYT).

Yesus tidak berkata Dia lahir untuk berkhotbah atau menyembuhkan, tetapi bahwa tujuan pokoknya adalah untuk memberi kesaksian tentang kebenaran.

Lalu, Pilatus bertanya, “Apakah kebenaran itu?” Akan tetapi, dia terlalu terburu-buru untuk menunggu jawabannya. Betapa banyak dari kita yang seperti itu hari ini? Terkadang dibutuhkan sebuah tragedi, seperti kematian dalam keluarga atau serangan teroris seperti beru-baru ini, sebelum orang-orang menyediakan waktu untuk menilai hidup mereka dengan apa yang sesungguhnya bermakna dan benar.

Ketika seorang tukang kayu berkata, “Saya akan menempatkan sepotong kayu,” itu berarti dia menata kayu untuk mencocokkannya dengan standar garis ukur tegak lurus. Pendapat tidak penting – yang penting hanya kebenaran.

Sepanjang sejarah, Yesus mengatakan, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Dan, kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu” (Yoh. 14:6a, AYT; Yoh. 8:32, AYT).

Yesus datang ke dunia memberitakan pesan yang sangat penting: Allah adalah pencipta, pemelihara, dan penebus kita; untuk melihat Bapa, kita harus melihat pada Anak-Nya.

Alasan Yesus lahir adalah supaya kita bisa mengenal Allah! Inilah sebabnya mengapa kita merayakan Natal dengan sukacita setiap tahunnya. Dengan Yesus disebut “Imanuel”, yang artinya Allah menyertai kita, Allah sungguh-sungguh menyertai kita, pada saat muda maupun tua, pada waktu susah maupun senang, dalam tragedi dan kemenangan.

Akan tetapi, dalam mengajarkan pesan yang indah ini, Yesus melangkah lebih jauh – dan mempercayakan kepada kita tanggung jawab yang besar yaitu menyebarkan Firman Tuhan kepada orang lain. “Kamu akan menjadi saksi-Ku sampai ke ujung bumi” (Kis. 1:8b, AYT). Jutaan jiwa yang terhilang sangat membutuhkan pesan Injil yang menghidupkan! (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: CBN
Alamat URL: http://www1.cbn.com/biblestudy/the-purpose-of-christmas
Judul asli artikel: The Purpose of Christmas
Penulis artikel: Pat Robertson
Tanggal akses: 14 Oktober 2017