9 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Natal

Natal adalah hari libur budaya yang paling banyak dirayakan di dunia. Berikut sembilan hal yang harus Anda ketahui tentang peringatan tahunan kelahiran Yesus:

1. Tidak ada yang tahu hari atau bulan apa Yesus dilahirkan (meskipun beberapa ahli berspekulasi bahwa itu adalah bulan September). Bukti paling awal untuk memperingati 25 Desember sebagai hari lahir Kristus muncul dalam Kalender Philocalian, yang disusun di Roma pada tahun 336.

Gambar: Natal

2. Terlepas dari kesan yang diberikan oleh banyak drama kelahiran dan lagu-lagu Natal, Alkitab tidak menyebutkan secara spesifik: bahwa Maria menunggang seekor keledai; bahwa seorang pemilik penginapan menolak Maria dan Yusuf (hanya disebutkan tidak ada kamar di penginapan itu); bahwa Maria melahirkan Yesus pada hari dia tiba di Betlehem (hanya disebutkan bahwa itu yang terjadi "ketika mereka di sana"); bahwa para malaikat bernyanyi (hanya disebutkan bahwa "bala tentara surgawi" berbicara dan memuji Allah); bahwa ada tiga orang majus (tidak ada jumlah orang disebutkan secara khusus) atau bahwa orang Majus tiba pada siang/malam kelahiran Yesus.

3. Daripada dilahirkan di kandang, Yesus kemungkinan besar lahir di gua atau tempat berlindung yang dibangun di lereng bukit. Terdapat gua-gua kecil di perbukitan di sekitar Betlehem sebagai tempat untuk memberi makan dan mengasuh ternak. Lokasi tepatnya kelahiran Yesus tidak diketahui, tetapi pada abad ketiga, tradisi telah menetapkan bahwa bisa jadi itu adalah sebuah gua. Ibu Konstantin, Helena, mendirikan Church of the Nativity di Betlehem di atas ruang kecil.

4. Pada Abad Pertengahan, anak-anak diberikan hadiah untuk menghormati Saint Nicholas (nama yang sama untuk Sinterklas). Dalam upaya untuk berpaling dari pemujaan Katolik terhadap para santo dan hari-hari santo, Martin Luther mengadakan pemberian hadiah di rumahnya pada Malam Natal. Dia memberi tahu anak-anaknya bahwa "Kristus yang Kudus" (Christkind) telah membawa hadiah untuk mereka. Tradisi ini menarik perhatian banyak penganut Lutheran, meskipun kemudian St. Nick mendapat reputasi sesering Christkind.

5. Martin Luther secara luas dianggap sebagai orang pertama yang menghias pohon Natal dengan lampu. Saat berjalan menuju rumahnya pada suatu malam di musim dingin, menyusun khotbah, dia terpesona oleh kecemerlangan bintang yang berkelap-kelip di tengah pepohonan hijau. Untuk menangkap kembali pemandangan tersebut bagi keluarganya, dia mendirikan sebuah pohon di ruang utama dan mengikat ranting-rantingnya dengan lilin-lilin yang menyala.

6. Tanda X dalam Xmas awalnya tidak disengaja, seperti yang diyakini sebagian orang, untuk "membawa Kristus keluar dari Natal." Simbol tertulis X sering digunakan untuk mewakili huruf dalam alfabet Yunani yang disebut Chi (huruf pertama dalam kata Yunani Christos). Dalam banyak manuskrip Yunani Perjanjian Baru, X menyingkat Christos (Xristos). Praktik ini memasuki bahasa Inggris Kuno pada awal 1000 M dan pada abad ke-15, "Xmas" secara luas digunakan sebagai simbol untuk Natal.

Martin Luther secara luas dianggap sebagai orang pertama yang menghias pohon Natal dengan lampu.
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. WhatsApp
  4. Telegram

7. Kaum Puritan keberatan dengan perayaan Natal. Pada 1647, pemerintah Puritan membatalkan Natal, melarang ekspresi kegembiraan tradisional, memerintahkan toko untuk tetap buka, gereja tetap tutup, dan pendeta ditangkap karena berkhotbah pada Hari Natal.

8. Alabama adalah negara bagian pertama yang secara resmi mengakui Natal pada tahun 1836 dan Oklahoma yang terakhir pada tahun 1907, meskipun dinyatakan sebagai hari libur resmi pada tanggal 26 Juni 1870.

9. Istilah asal Natal: "Christmas" adalah kata majemuk yang berasal dari istilah "Christ's Mass," berasal dari bahasa Inggris Tengah Cristemasse ; "Nativity", yang berarti -- kelahiran-, berasal dari bahasa Latin nativitas; dalam bahasa Inggris Kuno, Geola ("Yule") mengacu pada periode yang sesuai dengan Januari dan Desember, yang akhirnya disamakan dengan Natal Kristen; "Noel" (atau Nowell) memasuki bahasa Inggris pada akhir abad ke-14 dan berasal dari bahasa Perancis Kuno noël atau naël, yang pada akhirnya berasal dari bahasa Latin natalis (dies), "(hari) kelahiran". (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : The Gospel Coalition
URL : https://www.thegospelcoalition.org/article/9-things-you-should-know-about-christmas/
Judul asli artikel : 9 Things You Should Know About Christmas
Penulis artikel : Joe Carter

Sumber Title: 
9 Things You Should Know About Christmas