Seminar

  1. Paket Natal Online 2020: Natal ala COVID-19!

    Natal tahun 2020 ini pastinya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sesi #SABDALive kali ini membahas cara-cara baru yang dapat kita gunakan untuk tetap dapat memaknai Natal di tengah pandemi yang terjadi saat ini. Yayasan Lembaga SABDA juga menyediakan Paket Natal Online 2020 yang berisi bahan-bahan yang dapat Anda gunakan dalam rangka mempersiapkan Natal bersama keluarga, komunitas, dan orang-orang terdekat lainnya.

    URL: Paket Natal Online 2020: Natal ala COVID-19!

  2. Natal: HIS Story!

    Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam menyambut Natal adalah dengan bercerita kisah-kisah Natal kepada orang-orang terkasih. Dalam sesi #SABDALive kali ini, kita diajak untuk memaknai kembali arti Natal yang sesungguhnya melalui kegiatan storytelling dalam menyambut perayaan kelahiran Juruselamat kita.

    URL: Natal: HIS Story!

  3. Thanksgiving: Hati yang Bersyukur

    Ucapan syukur seharusnya menjadi nafas hidup orang percaya. Bersyukur Yayasan Lembaga SABDA telah lama mengadopsi perayaan ucapan syukur Thanksgiving, yang dirayakan setiap Kamis keempat di bulan November, sebagai pengingat bahwa Tuhan selalu baik dan setia menyertai dalam setiap musim hidup kita. Bertepatan dengan hari Thanksgiving yang jatuh pada 26 November 2020, #SABDALive mengangkat tema "Hati yang Bersyukur" untuk acara Thanksgiving online yang pertama kali diadakan di SABDA. Happy Thanksgiving!

    URL: Thanksgiving: Hati yang Bersyukur

  4. Depresi Natal?

    Apa itu depresi Natal? Bukankah Natal seharusnya membawa damai sejahtera, sukacita, pengharapan, dan kasih? Mari belajar bersama dalam sesi #SABDALive kali ini mengenai hal-hal yang ternyata sering diabaikan orang percaya dalam segala kesibukan menjelang perayaan Natal. Mari kenali gejalanya agar kita bisa mengatasinya dengan baik dan memaknai Natal dengan seharusnya.

    URL: Depresi Natal?

  5. Pendalaman Alkitab Spesial Natal

    Pendalaman Alkitab adalah cara kita untuk benar-benar dapat mengenal Pribadi Yesus dan makna kedatangan-Nya ke dunia untuk menyelamatkan kita. Di masa modern ini, kita juga dapat semakin kreatif melakukan pendalaman Alkitab, terutama dalam menyambut Natal. Dalam masa-masa adven menjelang Natal ini, mari kita bersama-sama belajar kembali dalam sesi #SABDALive kali ini bahwa Jesus is the reason of the season.

    URL: Pendalaman Alkitab Spesial Natal

  6. Cara Meng-GOSIP-kan Natal!

    Pada sesi #SABDALive kali ini, kita diajak untuk membayangkan jika pada saat Yesus lahir, teknologi informasi sudah secanggih masa kini. Tentunya kabar sukacita kedatangan Juruselamat manusia akan sangat cepat tersebar ke seluruh penjuru dunia. Bagaikan gosip hangat yang mudah viral, seharusnya seperti itulah kita bersemangat bersaksi akan karya keselamatan-Nya yang mendamaikan kita manusia berdosa dengan Allah yang kudus. Praise the Lord!

    URL: Cara Meng-GOSIP-kan Natal!

  7. Pandangan Baru: Cara Merenungkan Natal

    Makna Natal yang sejati diperoleh melalui perenungan mendalam yang dilakukan oleh setiap orang percaya. Sesi #SABDALive kali ini membahas mengenai pentingnya perenungan pribadi akan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia sebagai Juruselamat, sekaligus juga mengingatkan kembali bahwa dengan disiplin rohani dan penyertaan Roh Kudus, kita dapat mengatasi tantangan-tantangan yang ada saat melakukan perenungan pribadi.

    URL: Pandangan Baru: Cara Merenungkan Natal

  8. Plagiat Natal: Khotbah pada Era Cut/Paste

    Sebagai umat-Nya yang dipercaya untuk berkhotbah atau mengajar, kita bertanggung jawab untuk terus bersandar pada pengertian yang diberikan Roh Kudus setiap kali mempersiapkan khotbah. Bersyukur untuk teknologi masa kini yang juga memudahkan kita untuk mendapatkan banyak bahan dan alat bantu khotbah, sesi #SABDALive kali ini juga mengajak kita untuk mempersiapkan khotbah dengan memperhatikan etika penyaduran yang berlaku. Semoga menjadi berkat!

    URL: Plagiat Natal: Khotbah pada Era Cut/Paste

  9. Natal Adalah Musik di Hati Kita

    Sepanjang sejarah manusia, musik dan lagu sudah menjadi salah satu bentuk ekspresi penyembahan ciptaan kepada Allah Penciptanya. Pujian dan penyembahan juga merupakan pengakuan bahwa Allah berdaulat atas setiap hal di dunia ini. Dalam sesi #SABDALive kali ini, kita diajak untuk mengingat kembali bahwa kelahiran Yesus ke dunia untuk keselamatan semua umat manusia adalah peristiwa yang menginspirasi ungkapan syukur dalam bentuk musik di hati kita sekalian.

    URL: Natal Adalah Musik di Hati Kita

  10. Bioskop Natal: Festival Film Abadi

    Dalam #SABDALive ini, kita diingatkan bahwa Tuhan adalah Allah yang bekerja dalam banyak cara. Mari kita belajar bersama bahwa media film juga dipakai Tuhan untuk menyentuh hati manusia, memaknai arti kelahiran Yesus ke dunia, dan bahkan memberitakan kabar baik kasih abadi sampai ke ujung bumi. Berpegang pada kebenaran firman Tuhan, Roh Kudus juga akan menuntun kita untuk dapat menggunakan media perfilman dengan baik dan bijak sesuai dengan kehendak Tuhan.

    URL: Bioskop Natal: Festival Film Abadi

  11. Natalpreneur: Inovasi dan Kreativitas

    Memaknai Natal dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan kegiatan. Seiring berkembangnya era digital, kita dapat melakukan lebih banyak ide-ide kreatif terutama ketika kita harus memaknai Natal di tengah pandemi ini. Dalam sesi #SABDALive ini, mari simak bersama cara-cara inovatif dan kreatif dalam merayakan Natal baik untuk pribadi maupun keluarga dan komunitas kita. Selamat mempersiapkan Natal!

    URL: Natalpreneur: Inovasi dan Kreativitas

  12. Natal Sekolah Minggu: Cara dan Bahan Mengajar

    Dalam sesi #SABDALive kali ini, kita berdiskusi dan sharing bersama mengenai cara-cara kreatif merayakan Natal bersama anak-anak di masa pandemi ini. Selain cara-cara kreatif nan alkitabiah, kita juga saling berbagi pengalaman dan sumber-sumber bahan yang dapat digunakan para pelayan anak untuk memastikan anak-anak tidak kehilangan makna Natal yang sejati.

    URL: Natal Sekolah Minggu: Cara dan Bahan Mengajar

  13. Komik Alkitab: Zona Natal untuk Remaja/Pemuda

    Komik merupakan format bahan yang cukup digemari oleh generasi millenial. Bersyukur banyak komik Alkitab yang saat ini dapat kita gunakan untuk menyampaikan kabar sukacita kelahiran Kristus ke dunia. Mari bersama belajar menggunakan komik-komik alkitabiah yang ada di situs komik.app untuk menghadirkan makna Natal yang sejati bagi remaja/pemuda yang kita layani.

    URL: Komik Alkitab: Zona Natal untuk Remaja/Pemuda

  14. Puisi Natal: Ada di Mana-Mana! (Christmas is Poetry)

    Sejak zaman Perjanjian Lama, puisi telah menjadi salah satu bentuk ekspresi yang digunakan manusia untuk memuliakan Tuhan. Sejak saat itu, puisi juga telah digunakan untuk mengekspresikan segala hal dalam semua bidang kehidupan manusia. Dalam sesi #SABDALive ini, mari belajar bersama bahwa Tuhan dan relasi kita dengan-Nya adalah sumber inspirasi yang luar biasa bagi kehidupan umat percaya sepanjang zaman.

    URL: Puisi Natal: Ada di Mana-Mana! (Christmas is Poetry)

  15. Kaleidoskop: Tutup Tahun SABDA Live!

    SABDA Live Tutup Tahun!! Bersyukur kepada Tuhan untuk pimpinan-Nya dalam program SABDA Live sejak Mei 2020 sampai saat ini. Dalam acara #SABDALive ini, kami menaikkan ucapan syukur dan merayakan kebaikan Tuhan yang masih berkenan memimpin setiap langkah kami. Acara ini juga merupakan bentuk pertanggungjawaban kami terhadap kepercayaan yang sudah diberikan oleh keluarga besar #SABDALive selama ini. Mari terus bersemangat menjadi pekerja yang menyenangkan Tuhan kita Yesus Kristus. Sampai jumpa dalam #SABDALive 2021!

    URL: Kaleidoskop: Tutup Tahun SABDA Live!

  16. Penggalian & Refleksi Buku Janji: Makna Natal yang Sejati

    Apa makna Natal yang sejati? Sudahkah kita "merayakannya" dengan benar? Mari berikan waktu khusus kita untuk memaknai peristiwa kelahiran Kristus dengan melakukan kegiatan "Penggalian dan Refleksi Natal" dengan buku "Janji. Makna Natal yang Sejati".

    URL: Penggalian & Refleksi Buku Janji: Makna Natal yang Sejati


  17. Natal KBBS -- Penutupan Refleksi Buku Janji

    Simak acara penutupan kegiatan "Penggalian dan Refleksi Natal" dengan buku "Janji" yang sekaligus menjadi perayaan Natal bersama anggota KBBS pada 23 Desember 2021.

    URL: Natal KBBS -- Penutupan Refleksi Buku Janji


  18. GoNatal -- Story Telling dan Drama

    Melalui video berikut, kita akan bersama-sama belajar tentang Natal yang sejati dengan menggunakan metode story telling dan drama. Kedua metode ini akan berguna untuk menolong kita mempersiapkan perayaan Natal yang alkitabiah dan kreatif.

    URL: GoNatal -- Story Telling dan Drama