Natal di Seluruh Dunia Kristen

Natal adalah salah satu momen paling penting dalam sejarah bagi orang Kristen dan dirayakan di seluruh dunia. Ini memperingati kelahiran Yesus Kristus, pendiri gereja Kristen. Yesus lahir di Betlehem yang berada di luar Yerusalem 2.000 tahun yang lalu. Bagi orang Kristen, itu adalah saat Allah datang untuk tinggal di antara manusia sebagai orang biasa. Tanggal pasti kelahiran-Nya tidak diketahui -- diperkirakan sekitar 5 atau 6 SM. Sebagian besar dunia merayakan Hari Natal pada tanggal 25 Desember. Namun, Gereja Ortodoks -- yang terdapat di Rusia, Eropa Timur dan Timur Tengah -- memperingati kelahiran Yesus pada 7 Januari.

Gambar: arti Natal

Bagi banyak orang Kristen, musim natal dimulai dengan periode empat minggu yang disebut Adven. Ini dimulai pada Minggu Adven, Minggu keempat sebelum Hari Natal. Kata 'Adven' berarti 'datang' dan menantikan kedatangan Yesus yang kedua kali. Secara historis selama Adven, orang-orang Kristen telah menahan diri dari makan dan minum secara berlebihan saat mereka menantikan sebagai penanda kelahiran Yesus. Masa pantang berakhir dengan pesta pada Hari Natal. Perayaan berlangsung selama 12 hari, diakhiri dengan pertukaran hadiah saat Epifani pada 6 Januari. Akan tetapi, baru-baru ini, NatalAdven telah menjadi waktu untuk berkumpul bersama serta perayaan seiring dengan semakin dekatnya Hari Natal. Namun, banyak orang Kristen mencoba untuk menghidupkan kembali semangat Adven mula-mula.

Di seluruh dunia, Natal adalah perpaduan antara hal spiritual dan tradisional. Kisah Natal Yusuf dan Maria yang melakukan perjalanan ke Betlehem; kelahiran Yesus di kandang dan kunjungan para gembala dan orang Majus bercampur dengan cerita rakyat setempat. Beberapa elemen adalah fitur yang selalu ada: gereja-gereja berkumpul untuk merayakan kelahiran Yesus dengan doa dan lagu-lagu Natal; pesta dan pemberian hadiah. Akan tetapi, beberapa elemen adalah unik di negara-negara tertentu. Umat Kristen di beberapa belahan dunia lebih memusatkan perhatian pada Malam Natal. Beberapa tempat menandai Hari St. Nicholas pada tanggal 6 Desember sebagai waktu untuk bertukar hadiah. Di Meksiko, perayaan Natal dimulai pada 16 Desember dengan Las Posadas. Itu berlangsung selama sembilan hari -- untuk menandai perjalanan Maria dan Yusuf dari tempat tinggal mereka di Nazaret ke Betlehem tempat Yesus dilahirkan. Di Spanyol, musim Natal dimulai pada 8 Desember dengan perayaan seminggu penuh tentang Perayaan Dikandung Tanpa Noda.

Di beberapa negara, orang Kristen merayakan Natal secara rahasia. Misalnya, ini terjadi di Rusia selama era Soviet ketika Natal dan hari libur Kristen lainnya dilarang. Negara-negara lain yang tidak memiliki warisan Kristen seperti Cina semakin mengikuti unsur-unsur sekuler Natal. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Christianity
Alamat situs : https://christianity.org.uk/article/christmas-throughout-the-christian-world
Judul asli artikel : Christmas Throughout the Christian World
Penulis artikel : Tim Christianity