Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Natal

Loading

Apa Sajakah Nubuatan Perjanjian Lama Tentang Kelahiran Kristus?

Pertanyaan diskusi:

Salah satu keistimewaan kelahiran Kristus adalah karena kelahirannya sudah dinubuatkan ratusan tahun sebelumnya. Sebutkan nubuatan-nubuatan kitab-kitab PL tentang kelahiran Kristus yang Anda ketahui dan apa yang Anda pelajari dari nubuatan-nubuatan tersebut?

---------------

Philip:

Salah satu yang dinubuatkan adalah yang tertulis dalam: Yesaya 11:1 ( hingga ayat 16 menceritakan apa yang akan dilakukanNya).

Nabi Yesaya menulis bahwa "Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah." Tunas yang dimaksud adalah Kristus sendiri.

dan apa yang Anda pelajari dari nubuatan-nubuatan tersebut?

Tentu saja kelahiran Yesus amat istimewa sehingga sudah dinubuatkan ratusan tahun sebelumnya. Menjadi tambah istimewa lagi adalah Ia yang dilahirkan dalam kandang domba di Betlehem yang akan menjadi juruslamat dunia.

dan

KekuasaanNya mengalahkan kekuasaan bangsa-bangsa. Bahkan dampaknya sangat dahsyat bagi dunia tentang kelahiran Yesus tersebut. Ia kan menjadi hakim, mengadili, memberi damai, bahkan seisi alam akan dibuat damai atau shalom. ( Hewan-hewan dan manusia akan hidup berdampingan ( Yes 11:7-8).

Itu berarti nubutan yang disampaikan sangat istimewa bagi manusia.
-----------

Sebastian:

Maaf, Pak Philip, saya tidak mengerti pada bagian akibat langsung kelahiran Yesus dengan peristiwa pada kerajaan 1000 tahun. Sepemahaman saya adalah hal tersebut memang akan terjadi, tetapi setelah masa akhir jaman. Mohon penjelasan.
-----------

Roditus:

Nubuatan kelahiran Kristus dalam Kitab-kitab PL:

1. Tempat KelahiranNya

Nubuatan Perjanjian Lama:

"Tetapi engkau hai Betlehem Efrata, ... dari padamu akan bangkit bagiKu seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala,sejak dahulu kala." Mikha 5:1.

Penggenapan dalam Perjanjian Baru:

"Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea." Matius 2:1.

2. KelahiranNya dari Anak Perawan:

Nubuatan Perjanjian Lama:

"Sesungguhnya seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel [Tuhan menyertai kita]" Yesaya 7:14.

Penggenapan dalam Perjanjian Baru:

"Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai istrimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel--yang berarti Allah menyertai kita." Matius 1:20-23.

3. Garis silsilahNya dari suku Yehuda.

Nubuatan Perjanjian Lama:

"Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda &sampai dia datang yang berhak atasnya." Kejadian 49:10.

Penggenapan dalam Perjanjian Baru:

"Sebab telah diketahui semua orang, bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda." Ibrani 7:14.

4. Dia ditolak:

Nubuatan Perjanjian Lama:

"Ia dihina dan dihindari orang." Yesaya 53:3.

Penggenapan dalam Perjanjian Baru:

"Ia datang kepada milik kepunyaanNya, tetapi orang-orang kepunyaanNya itu tidak menerimaNya." Yohanes 1:11.

5. Pengkhianatan dan Upah yang Dibayarkan PengkhianatNya:

Nubuatan Perjanjian Lama:

"Bahkan sahabat karibku yang kupercayai yang makan rotiku, telah mengangkat tumitnya terhadap aku." Mazmur 41:10. "Lalu aku berkata kepada mereka, "Jika itu kamu anggap baik, berikanlah upahku, dan jika tidak, biarkanlah. Mereka membayar upahku dengn menimbang tiga puluh uang perak."Zakharia 11:12.

Penggenapan dalam Perjanjian Baru:

"Kemudian pergilah seorang dari kedua belas murid itu, yang bernama Yudas Iskariot, kepada imam-imam kepala, Ia berkata,"Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?" Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya." Matius 26:14,15.

6. KematianNya di Kayu Salib:

Nubuatan Perjanjian Lama:

"mereka menusuk tangan dan kakiku." Mazmur 22:17.

Penggenapan dalam Perjanjian Baru:

"Ketika mereka sampai di tempat yang bernama Tengkorak, mereka menyalibkan Yesus di situ." Lukas 23:33 ; (Lihat juga Yohanes 20:25).

7. Ia Bebas dari Kubur

Nubuatan Perjanjian Lama:

"Sebab Engkau tiudak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang KudusMu melihat kebinasaan." Mazmur 16:10.

Penggenapan dalam Perjanjian Baru:

"Karena itu ia telah melihat ke depan dan telah berbicara tentang kebangkitan Mesias, ketika ia mengatakan, bahwa Dia tidak ditinggalkan di dalam dunia orang mati, dan bahwa dagingNya tidak mengalami kebinasaan. Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi. Kisah 2:31,32.

Nubuatan-nubuatan Tuhan Yesus dalam PL telah digenapi dalam PB. Bukti-buktinya adalah kuat bahwa Yesus tidak sekedar menggenapi sebagian nubuatan. Kisah hidupNya adalah benar-benar dituliskan sebelumnya secara adikodrati. Karena dia telah ada, sudah ada dan tetap ada sampai selama-lamanya. Hal yang memperkuat iman dan percayaku kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamatku&. Halleluyah&& terpujilah Tuhan Yesus&. Amiinn.
-------------

Sebastian:

Tapi sepertinya yang relevan hanya no. 1-3 ya pak Roditus?

Nubuatan (poin 1-4, 6,7):

1. Saat Allah menjanjikan bahwa keturunan Hawa akan menghancurkan si ular (Kej. 3:15).
2. Janji kepada Abraham saat Tuhan mengatakan Ia akan memberkati umatnya melalui garis 'olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." (Kej. 12:3).
3. Yehuda dijanjikan bahwa tongkat kerajaan tidak akan beranjak darinya (Kej. 49:10).
4. Ratusan tahun kemudian, Daud, anak Isai, yang berasal dari keturunan Yehuda, memerintah Israel.
5. Daud 'menubuatkan' kebangkitanNya (Mzm. 16:10).
6. Yesaya menubuatkan bahwa dari keturunan Daud-lah akan datang raja di atas segala raja. (Yes. 11:1–5). Yesaya juga menubuatkan bahwa seorang perawan akan mengandungNya. (Yes. 7:14), juga mengenai mujizat yang akan dilakukanNya. (Yes. 35:5–6). Serta kronologi peristiwa penyiksaan yang akan dialami. (Yes. 53),
7. Nabi Mikha mengatakan Yesus akan lahir di Betlehem (Mikha 5:2).
8. Zakharia secara akurat mendeskripsikan keadaan yang akan dialami Yesus sepanjang hidupNya. (Zak. 9:9-10;11:12–13).
-------------

Naomi:

Shalom,
Ingin menambahkan posting pak Roditus dan pak Sebastian, terimakasih.

Keturunan dari wanita yang akan meremukkan kepala ular

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Kej 3:15
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Gal 4:4; 1Yoh 3:8

Keturunan Abraham

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Kej 12:3
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Mat 1:1; Kis 3:25; Kis 22:18; Gal 3:16

Keturunan Ishak

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Kej 17:19; Kej 21:12
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Mat 1:2; Luk 3:34; Ibr 11:17,18,19

Keturunan Yakub

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Kej 28:14; Bil 24:17
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Mat 1:2; Luk 3:24; Wah 22:16

Keturunan suku Yehuda

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Kej 49:10
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Luk 3:33; Mat 1:2-3; Ibr 7:14

Keturunan dari Daud dan pewaris tahtanya

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
2Sam 7:12-13; Yes 9:6,7; Yes 11:1-5; Yer 23:5
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Mat 1:1,6; Luk 1:32; Kis 11:23; Rom 1:4

Diurapi dan kekal

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Mzm 45:6-7; Mzm 102:25,26,27; Mikha 5:1-2
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Ibr 1:8-12; Yoh 8:58; Yoh 11:14
Ef 1:3-14; Kol 1:15-19; Wah 5:12

Diurapi oleh Roh Allah

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Yes 11:2; Yes 61:1; Mzm 45:7-8
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Mat 3:16

Lahir di Bethlehem

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Mik 5:1-2
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Matt 2:1; Luk 2:4-7

Lahir di saat tertentu

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Dan 9:25
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Luk 2:1-2

Dilahirkan oleh seorang perawan

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Yes 7:14
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Mat 1:18; Mat 2:1; Luk 1:26-27; Luk 1:30-35

Pembantaian anak-anak

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Yer 31:15
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Mat 2:16,17,18

Pelarian ke Mesir

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Hos 11:1
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Mat 2:14-15

Jalan yang dipersiapkan

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Yes 40:3,4,5
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Luk 3:3-6

Didahului seorang pendahulu

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Mal 3:1
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Luk 7:24,27

Didahului oleh Elia

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Mal 4:5-6
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Mat 11:13-14

Dinyatakan sebagai Anak Allah

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Mzm 2:7; Ams 30:4
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Mat 3:17; Luk 1:32

Nama Tuhan diterapkan kepada-Nya

Nubuatan dalam Perjanjian Lama
Yes 9:5-7; Yer 23:5-6
Pelengkapan dalam Perjanjian Baru
Rom 10:9; Fil 2:9-11
------------------

Philip:

Pak Sebatian saya coba menjelaskan menurut pemahaman saya ya...mohon dikoreksi atau ditambahkan jika ada salah atau kurang..

maksud: akibat langsung dari kelahiran Yesus....(saya tidak menyinggung kerajaan 1000 tahun, nanti barangkali ada yang menambahkan soal ini...tapi menarik pastinya jika dikaitkan dengan hal ini )..

nah kembali ke hal tadi, akibat dahsyat itu...saat mendengar berita kelahiran dan nubuat tetang Yesus...orang majus yang merupakan ahli dan terpandang mengunjungi Betlehem lewat petunjuk perbintangan...kemudian para majus permisi dulu ke pemerintah yang berkuasa saat itu..sehingga bikin geger..dan terjadilah pencacahan jiwa yang sebenarnya ingin membinasakan..( kalau momen ini difilmkan...wah keren..)....

sebelum itu pula....nabi-nabi atau orang-orang yang ditunjuk Tuhan sudah mempersiapkan kedatangan Yesus dengan hal-hal yang akan terjadi kemudian.

zaman sekarang.....dunia ada yang mengaku bahwa Yesus adalah juruslamat, ada pula yang menolaknya. Kemudian kelahiran Yesus digunakan sebagai patokan penghitungan waktu atau penanggalan yaitu tanggalan Masehi. Karyanya yang dilakukan membuat geger pada zamanNya hingga saat ini (seperti membangkitkan orang mati, menyembuhkan yang sakit, puasa 40 hari, dsb). Yesus dinyatakan juga ( oleh sekuler ) sebagai 'orang yang sangat berpengaruh' ( karena Alkitab juga menyatakan itu).

itu beberapa contoh 'akibat dahsyat dari kelahiran Yesus.

Nah soal akibat langsung kelahiran Yesus dengan peristiwa kerajaan 1000 tahun...(saya tergelitik juga untuk mencoba sedikit berpendapat )..bahwa: ....

Kerajaan 1000 tahun adalah Kerajaan di mana Yesus sudah datang kedua kali. Tapi itu juga harus dilihat dengan adanya perubahan, seperti: Israel disatukan lagi (Matius 24:31), adanya pertobatan (Zakharia 12:10-14), sehingga Allah memulihkan kondisi jemaatNya dalam pimpinan Yesus.

Artinya saat Yesus memimpin Kerajaan 1000 tahun semua menjadi damai, antara manusia dan hewan seperti dalam Yesaya yang saya singgung sebelumnya. tetapi juga ada penghakiman untuk meneggakan keadilan pada saat itu.

Cuma soal Kerajaan 1000 ini juga ada yang berpendapat berbeda, seperti kerajaan itu merupakan kerajaan yang panjang yang secara fisik dilihat manusia...dan lain sebagainya..

Mungkin itu barangkali Pak Sebastian yang bisa saya ungkapkan,..sekali lagi kalau ada kekurangan atau kesalaha, monggo dikoreksi, ditambahkan sehingga semakin lengkap.
-------------

Indriatmo:

Kelihatannya urutannya ada yang terbalik:

1. Pencacahan jiwa (sensus penduduk) (Lukas 2:1-5)
2. Maria dan Yusuf ke Betlehem, dan Maria melahirkan di kadang domba (Lukas 2:6-7)
3. Orang majus datang ke istana Herodes (Matius 2:1-8)
4. Orang majus datang ke kandang domba tempat Kristus dilahirkan. (Matius 2:9-11)
5. Orang majus tidak kembali ke istana Herodes (Matius 2:12)
6. Maria, Yusuf & bayi Kristus mengungsi ke Mesir (Matius 2:13)
7. Herodes marah karena orang majus tidak kembali, jadi dia memerintahkan pembantaian bayi yang berusia dibawah 2 tahun. (Matius 2:16)
-------------

Djuniaidi:

Nubuatan Mengenai Tuhan Yesus Terpenuhi
Nubuatan
Penggenapan

Daniel 9:24,25
Yoh 1:41;4:25,26
Yes 7:14; Mik 5:3
Mat 1:23; Luk 1:26-35
Mik 5:2
Mat 2:1-6, Luk 2:4
Yer 31:15
Mat 2:17-18
Hos 11:1
Mat 2:15
Maz 69:9
Yoh 2:17
Yes 62:11, Zac 9:9
Mat 21:1-10
Maz 41:9
Mat 26:15, Mar 14:10-21
Zac 11:12-13
Mat 26:15
Maz 38:13, Yes 53:7
Mat 26:63,27:12-14
Yes 53:9-12
Mat 27:38, Luk 23:40-43
Maz 22:16, Zac 12:10
Yoh 20:27
Maz 69:21
Mat 27:34,48, Yoh 19:29
Maz 22:18
Mar 15:24; Yoh 19:24
Maz 34:20
Yoh 19:36
Maz 16:9, Yes 53:9
Mat 27:57-60
Maz 16:10
Mat 27:63,28:6
Maz 68:18
Luk 24:51, Kis 1:9

Makna yang saya pelajari dari nubuatan tsb adalah bahwa ketika janji Allah diberikan kepada kita DIA tidak pernah mengingkari.
-----------

Andy:

Hanya menambahkan dari ayat2 yang telah di posting sebelumnya:

1. Maz 2:7
2. Kej 49:10
3. Bil 24:17
4. Ul 18:15

Dari nubuatan yang di tulis oleh sejumlah orang yang hidup pada zaman yang berbeda membuktikan bahwa kelahiran Yesus bukan peristiwa rekayasa atau mengada-ada. Dan hanya Allah yang sanggup membuat peristiwa besar ini bisa terjadi.
------------

Naomi:

Yang saya pelajari di sini =

       "Yesus lahir untuk kita, untuk menyelamatkan kita. Siapa yang mempercayai Yesus akan hidup dalam damai sejahtera karena Yesus adalah Raja Damai ! Mustahil seorang mengatakan percaya bahkan melayani Yesus tapi hidupnya suka keributan dan duniawi."

Maaf saya lupa menjawab pertanyaan selanjutnya.

Saya pribadi melihat segala nubuatan dan penggenapan Allah (pekerjaan Allah) merasa sangat heran...

Bagaimana Allah yang sedemikian dasyat (Maha) mau memikirkan perkara yang sangat detail hanya untuk menyelamatkan manusia.

Apa balasan kita?
------------

Edo Manik:

Seandainya kita melakukan pendekatan probabilitas (ukuran manusia):

1. Ketika Nabi Natan menyampaikan nubuaan tsb, katakan lah di dunia saat itu ada 100.000.000 keluarga (pasti lebih), maka probabilitas mesias akan lahir dari keluarga Daud adalah 1/100.000.000
2. Probabilitas seorang gadis/perawan melahirkan mendekati kemustahilan (hampir nol) atau 1/~ , kita asumsikan saja 1/10.000.0000
3. Peluang seseorang untuk lahir di Betlehem dua ribu tahun yang lalu. Asumsikan saat itu penduduk Betlehem 5.000 jiwa, dan penduduk dunia saat itu 500 juta jiwa, maka peluang untuk seseorang lahir di Betlehem adalah 5.000/500juta =1/100.000
4. Kemungkinan seorang anak harus dilarikan diri ke Mesir (pada masa kanak2nya), pastilah sangat kecil. Ambilah probabilitas 1/100.000
5. Kemungkinan seorang anak harus mengalami ancaman pembunuhan masal pastilah sangat kecil. Ambilah probabilitas 1/100.000

Peluang /lima nubuatan/ tsb terjadi pada satu orang secara bersaman, kita perkirakan lk=1/100.000.000 x 1/10.000.000 x 1/100.000 x 1/100.000 x 1/100.000 =1/10^30 km

Hal ini sama saja dengan peluang mengambil acak satu koin yang telah kita tandai di antara 10^30 koin. Sebagai ilustrasi, jika kita memiliki 10^30 koin uang seribuan dg diameter 34mm dan ketebalan 3,4mm dan seluruh koin tsb ditumpahkan diwilayah indonesia (8 juta^ km^2 ) maka akan membentuk tumpukan setinggi kl 491 juta km.

Bisakah kita mengambil (secara acak) satu koin yang sudah kita tandai diantara tumpukan koin seluas indonesia setinggi 4,9 juta km.?

Kita mengenal ini dari sisi manusia sebagai kemustahilan, tapi rencana Allah tidak ada yang mustahil.

note formula hitunganya:10^30 x 34 10^-6 km x 34 10^-6 km /8 10^6 km^2 x 3.4 10^-6 km = 491 10^6 km /mohon dikoreksi kalau salah:)
------------

Sugianto:

Wah saya tidak lagi memasukan ayat2 nubutannya deh, temen sudah memasukan semuanya. tapi saya mau share mengenai apa yg saya dpat dari nubuatan tersebut.

1. Tuhan maha kasih, karena dia kalo ada rencana selalu bilang2. bahkan beratus tahun yg lampau. tinggal kitanya cukup sensi engak dengan apa yg ingin Dia kasih tau ke kita. intinya sih bertobatlah karena Kerajaan Surga sudah dekat.
2. Tuhan maha sabar, dengan kesabaran luar biasa Tuhan menyelamatkan manusia dengan tahapan-tahapan yang biarpun makan waktu ribuan tahun, tapi pasti bermaksud baik. (waktu disini mnrt mata manusia)
3. Tuhan juga maha sayang, karena udah tau manusia berdosa tetep aja bikin rencana penyelamatan yang luar biasa.
4. Jalan Tuhan bukan jalanku tapi jalanNya yang terbaik

Demikian sedikit pelajaran yg saya ambil.
------------

Lanita:

Kelahiran Kristus Yesus sang Juru selamat sangat unik karena sudah dinubuatkan sejak PL yaitu Yes 7:14 sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kpdmu suatu pertanda:sesungguhnya seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan anak laki2 dan ia akan menamakan dia Imanuel. Yes 9:5 "Sebab seorang anak telah lahir u/ kita,seorang putera telah diberikan u/ kita,lambang pemerintahannya ada diatas bahunya,dan namanya disebutkan orang: penasehat ajaib, Allah yg perkasa,Bapa yg kekel,Raja Damai."

Yang bisa kita pelajari dari nubuatan2 PL adalah bahwa sesungguhnya Allah merancangkan kebaikan/keselamatan bagi manusia, sejak semula Dia ingin tinggal dekat dgn kita,sehingga di rancangankan semua ini hanya u/ menyelamatkan manusia dari dosa.
-------------

Meinardi:

Menurut saya nubuat tentang kedatangan Yesus juga sudah dinubuatkan mulai Kejadian 3:15 yaitu melalui ayat di bawah ini.

Kejadian 3:15

Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.
------------

Naomi:

Tambahan nubuatan kelahiran Yesus:

1. ANAK ALLAH

* Nubuatan PL: Mazmur 2:7
"Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini."

* Penggenapan PB: Matius 3:17
"lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan:
'Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.'"

2. AKAN MENJADI NABI

* Nubuatan PL: Ulangan 18:18
"seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka,...

* Penggenapan PB: Matius 21:11
"Dan orang banyak itu menyahut: 'Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea."

3. AKAN MENJADI IMAM

* Nubuatan PL: Mazmur 110:4
... 'Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek.

* Penggenapan PB: Ibrani 3:1
...pandanglah kepada Rasul dan Imam Besar yang kita akui, yaitu Yesus
-------------

Edo Manik:

Bu Naomi, menurut pendapat saya, nubuatan yang mengandung kata "akan", nampaknya tidak tepat dikaitkan dengan nubuatan kelahiran Yesus. karena semua nubuatan yang digenapi sepanjang hidup Yesus menjadi "akan" sejak kelahiranNya. Mis:

1. Dia akan melayani di Galilea dan Nazaret. Yes 9:1-2 = Mat 4:12-17
2. Misinya juga akan ditujukan kepada orang2 bukan Yahudi. Yes 42:6 = Luk 2:32
3. Pelayanannya akan menyembuhkan. Yes 35:5-6Mat 12:10-14
4. Dia akan mengajar menggunakan perumpamaan2. Yeh 20:49 =Mat 13:3
5. Dia akan dicurigai dan ditolak oleh penguasa agama pada masanya Mzm 118:22 = Mat 21:12-13
6. Dia akan membuat perjalanan masuk ke Jerusalem sebagai pemenang jaya. Zak 9:9 = Mat 21:6-9
7. Dia akan dikhianati demi 30 keping perak. Zak 11:12 = Mat 26:15
8. Dia akan dibunuh seperti gembala dan kawanan dombanya tercerai-berai. Zak 13:7 = Mat 26:31
9. Dia akan diberi anggur pahit dengan sebatang gala, dan orang akan membuang undi atas jubahnya. Mzm 22:18, Mzm 69:21 = Mat 27:34, Yoh 19:23-24
10. Dia akan ditusuk tombak. Za 12:10 = Yoh 19:34
11. Tulangnya tidak akan ada yang dipatahkan. Kel 12:46, Mzm 34:20 = Yoh 19:33,36
12. Dia akan mati diantara orang jahat. Yes 53:12 = Mrk 15:28
13. Dia akan dikuburkan oleh orang kaya. Yes 53:9 = Mat 27:57-60
14. Dia akan bangkit dari kubur pada hari yg ke tiga. Mzm 16:10, Yun 1:17 = Luk 24:6-7
15. Kebangkitannya akan disusul dengan keruntuhan dan kehancuran Jerusalem. Dan 9:26 = Mat 24:2

Penggenapan nubuatan kelahiran, adalah kejadian2 disekitar peristiwa kelahiranNya.
-------------

Rudi:

Terimakasih atas input dan informasinya tentang Nubuatan Kelahiran Yesus; Sangat banyak dan semakin menginspirasikan bahwa 'Manusia Yesus' merupakan yang sangat dinanti-nantikan pemberita firman khususnya dan keturunan Abraham umumnya.

Hanya saja, saya sering terjebak sama seperti perangkap yang menerpa keturunan Daud pada saat pelayanan Yesus. Saya sangat mengharapkan bahwa Dia datang dengan Kerajaan Sorga secara Politis, sehingga saya sebagai umatnya seharusnya terbebas dari segala Penjajahan Dunia. Sementara itu yang ditawarkan Yesus dan para Rasul kemudian ternyata adalah Kerajaan Sorga secara Rohani, bukanlah seperti yang sangat diharapkan keturunan Daud.
---------------

T. Budiman:

Sebenarnya orang Yahudi tidak dapat disalahkan atas harapan tersebut, mengingat banyak nubuat-nubuat tersebut yang memang mengindikasikan adanya Kerajaan Sorga secara Politis tersebut. Dan memang itu akan terjadi, namun akan di jadi di masa mendatang. Tuhan ternyata mau mengajarkan bahwa Kerajaan Sorga yang sesungguhnya adalah Kerajaan Sorga yang rohani, bila saat itu Yesus datang dan langsung memerintah, manusia belum mendapat kesempatan untuk memaknai secara rohani pemerintahan Allah, jadi masa 2000 tahun inilah Allah memberi kesempatan pada kita untuk belajar menjadi warga Kerajaan Sorga secara benar, yaitu secara rohani. Bila manusia sudah paham akan hal itu, barulah nanti Yesus akan memerintah secara politis dalam Kerajaan Seribu Tahun-Nya.

---end

Tinggalkan Komentar