Natal Ini, Carilah Kristus

Masa Natal telah tiba!

Natal adalah masa yang penuh sukacita - saat untuk memuji Allah dan merayakan kelahiran Yesus Kristus.

Apa yang lebih ajaib dibandingkan kedatangan Allah dalam daging - lahir dari Perawan Maria, dikandung oleh Roh Kudus - seorang Juru Selamat yang diutus untuk menebus dosa umat manusia?

Karena itu, Tuhan sendiri akan memberimu satu tanda ini: Seorang perawan akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, nama-Nya akan disebut: Imanuel. (Yesaya 7:14, AYT)

Jika Anda tetap fokus pada makna dan pesan sejati Natal pada masa liburan ini, hati Anda akan dipenuhi dengan sukacita yang melimpah.

Hal itu disebabkan karena apa pun keadaan melelahkan yang mungkin Anda hadapi dalam hidup, lingkar harapan dan janji Natal selamanya benar:

Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Firman itu telah bersama-sama dengan Allah sejak semula .... Firman itu telah menjadi daging dan tinggal di antara kita. - (Yohanes 1:1-2, Yohanes 1:14)

Ingatlah Alasan dalam Masa Natal

Sayangnya, banyak orang sudah tidak lagi memiliki sukacita Natal dalam hati mereka.

Meskipun Natal benar-benar "saat terindah dalam setahun", banyak orang tunduk pada Injil yang berbeda - Injil Madison Avenue.

Injil Madison Avenue (Madison Avenue adalah sebuah jalan di kota New York yang terkenal dengan pusat pertokoannya - Red.) adalah Injil konsumerisme. Hal itu berkisar di seputar Santa, peri-peri di rak pajangan, dan musim belanja yang dimulai lebih awal dan menjadi lebih awal lagi setiap tahunnya. Hal ini menggoda kita dengan janji-janji bahwa jika kita mendekorasi/menghias rumah kita dengan sempurna, memberi hadiah mewah kepada keluarga dan teman-teman kita, memasak makanan yang sempurna, maka kita akan merasa puas dan senang.

Masalah dengan Injil yang palsu ini adalah hal ini merusak.

Tekanan untuk mengubah Natal menjadi rangkaian peristiwa yang sempurna (note: orchestrated --> tidak selalu merujuk/berkenaan dengan musik orkestra, tetapi dapat juga kepada idenya --> rangkaian/tatanan/susunan/kumpulan) bahkan tidak membawa kebersamaan dalam keluarga. Hal itu memisahkan mereka.

Orang tua dapat menghabiskan waktu ekstra untuk membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan dalam keluarga sembari menekankan hal-hal penting.

Kita dapat menjadi seperti Marta - berfokus kepada masalah dunia - ketika kita seharusnya menjadi seperti Maria - berfokus kepada Yesus.

Kita dapat mencari kebahagiaan dalam hal-hal eksternal - hal-hal yang pada akhirnya akan meninggalkan perasaan hampa di dalam diri kita - karena sesungguhnya, hanya Yesus yang dapat mengisi kehampaan di dalam jiwa kita.

Masalah dengan Injil palsu ini adalah bahwa Madison Avenue benar-benar menyingkirkan Yesus - Alasan dalam Masa Natal - dari gambarannya!

Bukankah ini saatnya kita berdiri dan menempatkan kembali Kristus dalam Natal, di mana seharusnya Dia berada?
Tempatkan Kristus Kembali ke Dalam Natal Anda

Kamu akan mencari Aku dan menemukan Aku apabila kamu mencari Aku dengan segenap hatimu.. - (Yeremia 29:13, AYT)

Jangan salah paham - Saya tidak menyarankan Anda menjadi Grinch atau Scrooge (tokoh-tokoh antagonis terkenal dalam cerita Natal klasik - Red.)! Pada hakikatnya, tidak ada yang salah dengan mendekorasi/menghias rumah Anda, memberikan hadiah, atau menyiapkan makanan khusus. Adalah menyenangkan untuk merayakan dan menikmati tradisi Natal. Hanya, utamakan untuk merayakan, memperingati, dan mengajari anak-anak Anda tentang apa makna Natal yang sebenarnya.

Ingat, Allah mengetahui hati Anda. Untuk menjaga semangat Natal tetap segar dan hidup, carilah Kristus -- fokuskan pada kegiatan Natal yang dapat Anda dan keluarga Anda ikuti, dan kemudian undang teman Anda pada acara tersebut! Ini adalah cara paling baik untuk berbagi Kabar Baik dengan orang lain, terutama dengan mereka yang biasanya menolak/menentang kegiatan keagamaan.

Sebagai contoh, kita suka mengundang teman-teman untuk melihat "Back to Bethlehem" (Kembali ke Betlehem - Red.), suatu peragaan untuk menghidupkan kembali Natal pertama yang menempatkan Anda dalam pusat aksi! Bayangkan bagaimana rasanya menggembalakan domba pada malam berbintang yang dingin ketika seorang malaikat menampakkan diri dan berkata:

Akan tetapi, malaikat itu berkata kepada mereka, "Jangan takut sebab dengarlah, Aku memberitakan kepadamu kabar baik tentang sukacita besar yang diperuntukkan bagi semua bangsa. Pada hari ini, telah lahir bagimu seorang Juru Selamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Inilah tanda bagimu: Kamu akan menemukan Bayi yang dibungkus dengan kain lampin dan berbaring di dalam palungan." - (Lukas 2:10-12, AYT)

Bayangkan perjalanan dari ladang sepi di mana tidak ada apa pun di sekeliling Anda kecuali domba, menuju ke kota Betlehem yang ramai, tempat Anda tiba-tiba kewalahan dengan pandangan dan suara dari para pedagang, penduduk kota, dan hewan ternak. Bayangkan pengembaraan dari bangunan ke bangunan, sampai tiba-tiba, Anda sampai kepada Maria dan Yusuf, dan bayi Kristus yang terbaring di dalam palungan.

Ketika para gembala melihat Dia, mereka menceritakan perkataan yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. Dan, semua orang yang mendengar hal itu heran atas hal-hal yang dikatakan para gembala kepada mereka.. - (Lukas 2:17-18, AYT).

Saat Anda sudah berjumpa Yesus, Anda akan membawa Natal selamanya di dalam hati Anda.

Pada masa ini, saya mendorong Anda untuk mencari Tuhan dan mengalami Natal dengan cara baru yang segar. Ketika Anda memahami apa makna Natal yang sebenarnya, tidak ada yang dapat mengambil Kristus dari Natal Anda.

Natal Pertama

Karena anak-anak kecil di dalam keluarga adalah yang paling mudah terpengaruh dengan Injil konsumerisme palsu -- mereka tidak memahami konsep periklanan dan menerima pesan apa pun yang diberikan di hadapan mereka - maka sangat penting bagi kita untuk menceritakan makna Natal yang sebenarnya kepada mereka pada usia dini.

Jan dan Mike Berenstain, pendiri Berenstain Bears Series yang disukai, menyadari hal ini dan telah menulis "The Berenstain Bears Get Ready for Christmas" (Beruang-Beruang Berenstain Bersiap Menyambut Natal - Red.) untuk mengingatkan anak-anak tentang kelahiran Yesus.

Anak-anak menyukai ilustrasi bertema beruang yang mendampingi cerita, dan orang tua menghargai cerita bagaimana Saudara Laki-laki, Saudara Perempuan, dan Honey mencari rumah pohon keluarga Beruang untuk menemukan adegan palungan "kelompok/ala beruang" saat mempersiapkan Natal di dalam hati dan pikiran mereka - yang berfokus pada alasan sejati pada masa Natal.

Giliran Anda

Apa tradisi Natal favorit yang keluarga Anda lakukan setiap tahunnya? Tradisi Natal baru apakah yang Anda masukkan ke dalam perayaan keluarga Anda? Silakan membagikan pikiran dan cerita Anda dalam komentar. Kami dengan senang hati ingin mendengarnya dari Anda! (t/Thessa)

Diterjemahkan dari:
URL : https://www.faithgateway.com/christmas-seek-christ/#.W1ruLFKga9c
Tanggal akses : 27 Juli 2018