Dunia, Bergabunglah dengan Program: Sukacita! Sukacita! Sukacita!

Artikel oleh: John Piper

Isaac Watts menulis sebuah buku tentang logika dan 750 himne, termasuk "Joy to the World." Itu adalah tipe pribadi yang saya suka! Logika yang jelas untuk melihat kebenaran, dan jiwa yang hidup untuk merasakannya dan menyanyikannya. Untuk menjadi seperti itulah kita diciptakan.

Watts menulis "Joy to the World" sebagai Bagian Dua dari sebuah renungan pada Mazmur 98. Judulnya adalah: " The Messiah’s Coming and Kingdom." Sebagian besar setuju bahwa dia menulis tentang kedatangan Kristus yang kedua, bukan Natal.

Namun, tidaklah sesederhana itu.

Masa Lalu, Sekarang, dan Masa Depan

Yang pasti, Mazmur 98: 8-9 mengatakan, "Biarlah sungai-sungai bertepuk tangan; biarlah gunung-gunug bersorak-sorai bersama-sama, di hadapan TUHAN, karena dia datang untuk menghakimi bumi. "Dia akan datang untuk menghakimi. Ini sesuai dengan kalimat Watt "Sementara ladang dan banjir, batu, bukit, dan dataran tinggi, / Mengulang sukacita yang terdengar."

Namun, masih ada lagi. Lagu ini memang tentang Natal yang akan datang – dan masa pemerintahan yang sekarang, dan masa depan yang akan datang untuk membaharui dunia.

“Sukacita bagi bumi! Tuhan datang!”

Kita biasanya tidak mengatakan, "akan datang." Kita mengatakan "telah datang." Jadi begitulah: Natal. Dia telah datang.

"Sukacita bagi bumi! Juru Selamat memerintah!"

Sekarang. Dia memerintah sekarang karena Dia datang pada hari Natal, hidup, mati, bangkit, dan dimuliakan di sebelah kanan Bapa sebagai Juru Selamat dan Raja.

"Dia datang untuk mengalirkan berkat-Nya
Sejauh di mana kutukan itu berada."

Dia memerintah, tapi tidak hanya dari kejauhan. Dia datang sekarang. Dia memutar balik pengaruh kutukan sekarang. Dulu kita berada di bawah murka (Yohanes 3:36), sekarang kita tidak berada dalam murka. Tidak ada penghukuman (Roma 8: 1). Kesembuhan yang ajaib dan kemajuan medis adalah karya menakjubkan Kristus yang mendorong kembali dampak fisik dari kejatuhan di mana pun mereka pernah memegang kendali penuh.

"Dia memerintah dunia dengan kebenaran dan anugerah,
Dan menyuruh bangsa-bangsa membuktikan
Kemuliaan dari kebenaran-Nya
Dan kasih-Nya yang ajaib. "

Inilah yang dilakukan Juru Selamat yang memerintah sekarang. Dia mengendalikan. Dia mendorong (menyuruh). Tiga baris kedua menjelaskan baris yang pertama. "Kebenaran" dan "kasih" sesuai dengan "kebenaran" dan "anugerah." Dia memerintah dengan kebenaran dan anugerah. Dan, Dia menyuruh bangsa-bangsa untuk menyelaraskan diri dengan kebenaran dan keadilan dengan semua yang Dia lakukan, dan anugerah dan kasih yang selalu hadir, yang pernah diberikan, yang selalu indah.

Nasihat untuk Semua Orang

Apa arti "membuktikan"? Dia membuat bangsa-bangsa "membuktikan" kemuliaan dan keajaiban-Nya. Untuk membuktikan sesuatu adalah mengujinya dan melihat apakah itu dapat dipercaya/diandalkan – seperti dalam "proving ground."(=area/pusat pelatihan di mana perlengkapan militer seperti senjata atau teknologi lain atau taktik militer diujicobakan - Red.) Raja tidak akan diabaikan. Dia akan menarik perhatian. Semua manusia akan membuktikannya. Mereka akan menilai apakah dia bisa diandalkan atau tidak. Cepat atau lambat semua bangsa akan menghadapi anugerah dan kebenaran-Nya, baik dengan iman dan sukacita, atau dengan penolakan dan kesengsaraan.

Selain keempat pernyataan tentang kedatangan dan pemerintahan Kristus ("akan datang," "memerintah," "mengalirkan berkat," "membuat bangsa-bangsa membuktikannya"), lagu tersebut memberi nasihat. Itu menasihati kita dan menasihati alam.

Kepada kita: "Terimalah Rajamu!" "Sediakan tempat bagi-Nya!" "Bernyanyilah!" "Jangan biarkan dosa bertumbuh!"

Kepada alam: "Surga dan alam, bernyanyilah!" "Ladang dan banjir, batu dan bukit dan dataran, ulangi kegembiraan!" "Hai engkau duri, tidak lagi mencapai tanah!"

Jadi Bergabunglah dengan Programnya

Ini bukan sekedar pengajaran dan penerapan. Ini adalah kegembiraan. Ahli logika telah melihat dengan jelas ketepatan kemuliaan kebenaran dan keadilan dan anugerah dan kasih dan kekuatan raja. Sekarang dia penuh dengan seruan, kegirangan. Logika ini sangat baik.

Yesus adalah Raja! Yesus adalah Juru Selamat! Yesus telah mengalahkan kutukan itu! Yesus memerintah bangsa-bangsa! Naiklah, Raja Yesus!

Dan, dunia, bergabunglah dengan program-Nya! Sukacita! Sukacita! Sukacita! Bernyanyilah! Dosa tidak lagi ada! Buktikan Dia! Dia adil. Dia benar. Dia penuh anugerah. Dia mengasihi. Dia akan datang. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: desiringGod
URL: http://www.desiringgod.org/articles/world-get-with-the-program-joy-joy-joy
Judul asli artikel: World, Get With The Program: Joy! Joy! Joy!
Penulis artikel: John Piper
Tanggal akses: 11 Juni 2017