Tiga Cara Adven Membantu Kita Lebih Memercayai Allah

Waktu penantian sebelum Natal dipenuhi dengan pengharapan dan janji.

Kata Adven berarti kedatangan. Ini adalah periode menjelang Natal, dan awal dari kalender Kristen. Ini adalah periode menanti, menantikan Mesias bersama dengan Israel, membaca nubuat-nubuat tentang kedatangan-Nya, menanti kembalinya Mesias bersama dengan dunia, berjaga-jaga, dan berdoa.

Adven bukanlah periode ketika kita menghitung mundur menuju hari Natal yang hanya dirayakan dengan makan terlalu banyak dan anak-anak mendapat mainan baru yang cepat rusak. Adven adalah periode menuju ke hari Natal sama seperti pra-Paskah menuju ke hari Paskah; ini adalah waktu penantian yang sabar dan penuh kerinduan yang mengobarkan pengharapan kita akan Kerajaan Allah yang akan datang. Di tengah musim di mana waktu kita terasa begitu kurang, berlari dari pesta ke pesta dan belanja hadiah, Adven mengajarkan kita untuk berjaga-jaga, menunggu, dan berharap akan kedatangan Dia yang membuat segala sesuatu menjadi baru.

Adven membantu kita menantikan Allah

Gambar: memercayai Allah

Pertama, kerinduan Israel untuk mengakhiri pembuangannya. Dalam Adven kita bergabung dengan Israel menunggu pembebasan dari dosa-dosa mereka, pembebasan dari pembuangan mereka, dan kembalinya Raja mereka. Kita bergabung dengan nabi-nabi Israel yang memberitakan kabar baik ini, dan dengan melakukan itu, kita melihat bahwa kisah pembuangan Israel dari Allah adalah bagian dari kisah keterpisahan dunia dari Allah.

"Selama Adven setiap tahun, tahun Kristen mengajarkan kita untuk sekali lagi menjadi Israel, mengakui dosa dan kebutuhan kita, bahwa menanti, merindukan, berharap, berseru, berdoa untuk kedatangan Mesias, datangnya keadilan, dan damai sejahtera yang menerobos hati kita. Kita menjalani ritual menginginkan kerajaan -- semacam ketidaksabaran kudus -- dengan menghidupkan kembali kerinduan Israel akan kedatangan Sang Raja. Kita dipanggil untuk menjadi orang yang berharap -- menantikan kedatangan (lagi) Mesias." -- James K.A. Smith

Adven menawarkan pengharapan

Kedua, Adven mengingatkan kita bahwa pengharapan Allah akan datang untuk tinggal bersama umat-Nya dipenuhi dalam kelahiran Yesus Kristus. Adven karena itu mempersiapkan kita untuk merayakan kedatangan Kristus, kedatangan Allah untuk tinggal bersama umat-Nya.

Adven mengingatkan kita bahwa Yesus akan kembali

Ketiga, selama Adven kita diingatkan sekali lagi bahwa kita terus mendiami dunia yang penuh dengan dosa dan kejahatan. Adven melatih kita pada zaman akhir ini untuk berharap pada Dia yang datang untuk menyelamatkan. Meskipun malam kita gelap, fajar akan datang, dan Yesus akan kembali untuk memulihkan dunia. Adven mengarahkan hati kita untuk merindukan ini, untuk percaya bahwa Kerajaan Allah sudah dekat, dengan demikian bertobat dan percaya Injil. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Fervr
Alamat situs : https://fervr.net/bible/three-ways-advent-helps-us-trust-god-more
Judul asli artikel : Three ways Advent helps us trust God more
Penulis artikel : Fervr Editor