Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Natal

Loading

Membuat Bermacam-Macam Hiasan Natal

Warna khas hari Natal adalah: merah, hijau, perak, dan emas. Untuk itu dalam membuat hiasan Natal kita dapat memadukan bahan-bahan yang memiliki warna tersebut di atas.

  1. Krans Daun Cemara

    Krans adalah hiasan berbentuk cincin besar yang biasanya dipasang pada daun pintu.

    Bahan: Beberapa tangkai daun cemara, benang emas atau perak, pita merah, giring-giring kecil.

    Cara Membuat: Sediakan beberapa tangkai daun cemara, lalu bentuklah menjadi cincin besar dan ikat dengan kawat agar kuat. Selanjutnya balut benang emas, lalu hias dengan pita besar warna emas atau merah di bagian atas cincin daun cemara tersebut. Kemudian hias dengan giring-giring kecil. Setelah selesai krans daun cemara ini dapat digantungkan pada daun pintu. (Seandainya tidak ada daun cemara, anda dapat menggantinya dengan gedebog pisang yang telah dikeringkan lalu dijalin/dipilin dan dibentuk menjadi cincin, atau bermacam daun-daun berwarna hijau yang dirangkai membentuk cincin lalu dihias seperti petunjuk di atas.)

  2. Pohon Terang Mini

    Pohon terang mini adalah pohon natal dengan ukuran kecil, kurang lebih setinggi 20 - 30 cm, biasanya diletakkan di atas meja atau di pinggir jendela.

    Bahan: Beberapa tangkai cemara, benang/pita kecil berwarna perak, merah, atau emas, dan hiasan kecil lainnya.

    Cara Membuat: Potong beberapa tangkai cemara setinggi 20 - 30 cm dan taruh dalam pot-pot kecil, satu pot bisa terdiri 3 tangkai dan aturlah menjadi pohon terang mini. Supaya tidak rebah di dalam pot dapat dimasukkan beberapa batu sebagai penyangga lalu ditutup dengan pasir. Pohon terang mini ini dapat dihias dengan benang atau pita kecil berwarna perak, merah atau emas. Bisa pula ditambahkan giring-giring kecil, boneka kecil, lampion kecil yang digantungkan pada tangkainya. Beberapa pohon terang mini ini dapat diletakkan di atas meja atau di sekitar ruangan. Akan lebih indah apabila di samping pohon terang mini ini diletakkan lilin yang telah ditaruh dalam piring kecil yang dihias pula.

  3. Hiasan Gantung

    Hiasan gantung dapat dibuat dari kertas dengan berbagai bentuk dan variasi, biasanya digantung di teras rumah atau di bagian dalam rumah, yang akan berputar-putar apabila tertiup angin.

    Bahan: Kertas asturo warna-warni, gunting, dan tali.

    Cara Membuat: Guntinglah kertas membentuk suatu benda tertentu yang simetris (pohon terang, bintang, atau lonceng). Buatlah 2 lembar dengan bentuk dan ukuran yang sama. Lipatlah menjadi dua sama besar dan buatlah garis simetris dari atas ke bawah. Pada lembar kertas pertama gunting garis simetris dari ujung bawah sampai ke bagian/titik tengah garis. Pada lembar kertas kedua guntinglah garis simetris dari ujung atas sampai ke bagian/titik tengah. garis. Selanjutnya selipkan potongan pada lembar kertas pertama tepat pada potongan lembar kertas ke dua. Kedua potongan tersebut akan bertemu pada titik tengah. Berikan tali pada bagian atas dan gantungkan, jadilah hiasan gantung dengan empat sisi. Hiasan ini akan lebih indah bila dibuat dalam jumlah banyak.

Selamat mencoba!

Tim Redaksi/Tabita.

Tinggalkan Komentar